Senin, 22 April 2013

SMK Harus berfikir Wirausaha

Emzalmi: Siswa SMK Harus berfikir Wirausaha

PADANG-Persaingan global memaksa kita segera mempersiapkan diri dengan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan. SMK sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan lulusannya dengan keahlian, harus terus dikembangkan. Sebab, keterampilan yang dimiliki lulusan SMK sangat dibutuhkan di dunia kerja.
Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Padang, Ir Emzalmi MSi di hadapan siswa dan guru SMK 6 Padang, Rabu (16/5).

“Agar bisa bersaing, lulusan SMK harus memiliki keahlian dan keterampilan, berani dan siap menghadapi tantangan kerja. Selain itu, setiap lulusan SMK jangan hanya berpikir untuk menjadi pekerja, tetapi harus memiliki jiwa enterpreneurship. Dengan keahlian dan keterampilan tersebut, lulusan SMK harus bisa berwirausaha dan membuka lapangan kerja sendiri,” kata Emzalmi. 

Ditambahkan, untuk meraih lulusan SMK yang memiliki keahlian dan keterampilan tentunya harus didukung dengan sarana belajar memadai serta tenaga pendidik dan tenaga pengajar yang berkompetensi di bidangnya masing-masing.

 “Guru harus punya kiat dan upaya sendiri dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, mengingat arus teknologi informasi yang kian maju. Jangan sampai guru ketertinggalan informasi dari siswa-siswanya,” pesannya. 

Kepala Sekolah SMK 6 Padang, Djafri menjelaskan, peminat terhadap SMK setiap tahun memang terus meningkat. Saat ini, SMK 6 memiliki 1.014 siswa dari lima jurusan, yaitu Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, Teknik Informatika dan Perhotelan dengan kompetensi Teknik Komputer Jaringan, Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Busana Butik, Patiseri, Kecantikan Kulit dan Rambut, serta Usaha Perjalanan Wisata.

 “Kita sedang mengembangkan unit produksi disetiap jurusan, agar dalam proses belajar mengajar siswa benar-benar mengerjakan langsung bukan hanya sekedar simulasi. Edotel yang berada dalam lingkungan SMK 6 merupakan salah satu unit produksi yang terus kita kembangkan,” ujar Djafri. (taf).


http://fokusriau.com/berita-327-emzalmi-siswa-smk-harus-berfikir-wirausaha--.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

We Care, We Share ..
Tinggalkanlah hal yang bermanfaat