Selasa, 25 Juni 2013

Tips Memulai Usaha Sampingan dan Contoh Bisnis Untuk Pelajar

Ini ada beberapa Tips Usaha Sampingan dan Contoh Bisnis Kecil yang mungkin cocok buat para pelajar. Walaupun tugas utama kalian adalah Belajar, tapi gak ada salahnya dong kita iseng-iseng ngisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat seperti ini.  
"Pelajaran terbaik adalah Belajar dari PENGALAMAN". Setujuuuuu?? 
Okey, maka dari itu kita coba deh mulai sekarang nyari-nyari pengalaman. gak ada ruginya juga kan??
  Langsung aja, Semoga bermanfaat buat kita semua... Cekibroooot....

Yang Harus Kita Perhatikan Sebelum Memulai Usaha adalah:

1. Pelajari Memanagement Waktu.
Ini adalah hal penting jika teman-teman yang masih SMK atau bahkan SMP ingin belajar memulai usaha. Carilah usaha/bisnis sampingan dengan Waktu yang fleksibel. Waktu yang fleksibel adalah waktu yang dapat menyesuaikan dengan kesibukan kita. Jadi tetap utamakan sekolah, mengerjakan tugas-tugas dari guru, baru waktu yang tersisa bisa kita gunakan untuk mengurus usaha. 
2. Manfaatkan sekolahmu. 
Misalnya ada yang suka bisnis kuliner atau punya produk perlengkapan pelajar, teman-teman bisa menitipkannya di kantin-kantin atau di koperasi siswa. Setelah memasarkan di sekolah kita, mungkin teman-teman bisa mulai merambah ke beberapa sekolah lain yang terdekat.
Tentunya dibutuhkan usaha ekstra untuk bangun lebih pagi dan mengantarkan produk ke sekolah-sekolah terdekat. Namun, Insya Alloh cara ini tidak akan mengganggu aktifitas sekolah teman-teman 
Jika kantin atau koperasi di sekolah teman-teman menolak untuk dititipin makanan/produk dari teman-teman, jangan berkecil hati. Dulu kakak kelas saya pernah memasarkan kripik bayamnya dengan berkeliling ke kelas-kelas pas waktu istirahat. Lumayan sebagai latihan untuk ‘memutus urat malu’, dan yang pasti cara menjual seperti itu Seru banget lho!
3. Jangan berorientasi mengumpulkan uang
Ini mungkin aneh, belajar bisnis kok ga boleh untuk mengumpulkan uang? Hehe, baiklah. Asumsinya sebagian besar teman-teman yang masih pelajar ini kan masih ikut orang tua. Uang saku, makan sehari-hari, hingga kebutuhan belajar juga masih numpang dengan ortu. Jadi, anggap saja usaha/bisnis yang dilakukan teman-teman ini dalam rangka untuk belajar sekaligus ’senang-senang’.




Contoh Bisnis Untuk Kita Praktekkan:

1.    Les Privat
Untuk pelajar yang sudah SMA, bisa membuka les privat untuk bidang-bidang studi yang penting bagi murid SMP atau SD. Bidang studi yang bisa dijadikan sebagai lahan les privat adalah matematika, bahasa inggris, Science, dan sebagainya. Syarat untuk membuka les privat adalah otak yang encer, sabar dan telaten, serta komunikatif. Peserta les privat ini bisa diajak dari tetangga-tetangga sekitar, terutama yang akan mendekati ujian.

2.    Usaha pernak-pernik
Pelajar kreatif bisa membuka usaha pernak-pernik, seperti bando, bross, ikat rambut, pin, dan sebagainya. Pelajar bisa menjual hasil usahanya kepada teman-teman sekelas dan juga teman-teman kelas tetangga. Modal utama dalam usaha pernak-pernik ini adalah kretivitas dan tahan banting. Kreativitas karena pernak-pernik yang kreatif dan lucu-lucu banyak diminari pelajar. Tahan banting karena di awal-awal usaha sering mandek alias tak ada pemasukan.

3.    Penulis
Pelajar yang hobi menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, bisa menjual tulisannya kepada penerbit untuk dibukukan. Jikalau pun tidak dibukukan, hasil karya tersebut, terutama cerpen dan puisi, tetap dapat menghasilkan uang yaitu dengan mengirimkannya ke koran atau majalah. Akan tetapi, untuk hal ini, teman-teman pelajar harus “pantang menyerah” karena seringkali tulisan tidak dimuat oleh pihak koran atau majalah. Memang, kata kunci untuk menjalani bisnis sebagai penulis adalah skill menulis, pengetahuan yang luas, dan pantang menyerah.

4.    Distributor pakaian
Bagi teman-teman yang sering “jajan baju” ke bukittinggi atau daerah lain bisa memanfaatkan hal ini sebagai suatu wirausaha baru. Dengan ini, teman-teman pelajar di daerah yang berbeda pun bisa mendapatkan pakaian model terbaru dengan harga yang miring.

5.    Jual Beli Buku Loak dan Jasa Photocopy
Pelajar bisa memanfaatkan buku-buku pelajaran yang sudah tidak tepakai lagi untuk dijual ke adik-adik kelas. Jika mau, ajak kakak kelas untuk ikut berkontribusi sehingga buku-buku dari kakak kelas pun bisa dijual ke teman-teman seangkatan. Atau bisa juga lewat jasa photocopy dimana teman-teman pelajar bisa mendapatkan keuntungan karena membantu teman-teman lain mendapatkan tempat photocopy dengan mudah dan murah.

6.    Online advertiser
Online advertiser merupakan bisnis di dunia maya alias internet. Caranya mudah yaitu tinggal membuat website atau blog. Pada website atau blog itu, pasangi suatu iklan seperti  Google Adsense, kumpulblogger, direct ads, ziddu.com, dan lain-lain. Selanjutnya tinggal menarik pengunjung sebanyak-banyaknya agar meng-klik iklan tersebut sehingga pemilik website atau blog pun mendapat komisi. Sekali dan sebulan, cek pembayaran. Jika serius dalam usaha ini, pelajar bisa jadi online businessman beneran.

7.    Jasa Design
Pelajar-pelajar yang kreatif dan hobi design bisa menjual designnya kepada orang lain. Design-design tersebut dapat diciptakan melalui pin, stiker, poster, kalender, ID-card, wesite, template, dan sebagainya. Apalagi dengan adanya kecanggihan teknologi, bisnis jasa design akan semakin mudah.

Jadi refreshingnya setelah penat dari aktifitas belajar adalah bersenang-senang dengan belajar bisnis. Toh kalaupun gagal juga tidak ada yang perlu dikhawatirkan 
Yang terpenting adalah, tetap utamakan kegiatan yang ada di sekolah. Karena masa-masa sekolah adalah masa yang paling indah buat belajar, berteman, berorganisasi, dll. 

6 komentar:

  1. usaha yg lain ad . yg gampang mcem jual pulsa gtu ???

    BalasHapus
  2. Super sekali, artikel ini saya re-write boleh ?

    BalasHapus
  3. Saya ada tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan android :) cocok untuk pelajar,mahasiswa,atau siapapun..ga pake modal,ga pake hoax! Karena saya sudah buktiin sendiri :)

    Caranya:

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Setelah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode Ai04075
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa cairin duitnya :)

    Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $10 cepet kok, saya aja baru 2 hari udah kekumpul %6.7, duitnya bisa untuk pay pal, google play gift card,steam gift card, facebook gift card, macem macem deh pokoknya :D

    -Selamat Mencoba-
    Jangan lupa share tips berguna ini ya

    BalasHapus
  4. Buat kalian semua pengguna line saya ada trik nih untuk mendapatkan coin line secara gratis dan legal tentunya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :D

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun
    facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AU35265
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3,
    lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain
    atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah
    sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila
    setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall
    lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke
    voucher google play,
    11. Nah kalian bisa deh beli coin line yg bisa digunakan untuk beli sticker, beli theme, atau buat nge gift doi juga kan lumayan hehehe :D

    Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $10 cepet
    kok, saya aja baru 4 hari udah kekumpul $12.31 duitnya juga
    gk cuma buat coin line juga lho, bisa jugauntuk aplikasi/games berbayar di playstore, atau juga bisa untuk pay pal, steam gift
    card, facebook gift card, macem macem deh pokoknya hahaha :D

    -Selamat Mencoba-
    Jangan lupa share trik berguna ini ya

    BalasHapus

We Care, We Share ..
Tinggalkanlah hal yang bermanfaat